Mengenal Library ADODB PHP

Assalamu’alaikum wr wb.
Baik, kali ini saya akan coba menjelaskan tentang AdoDB. ADODB merupakan sebuah kumpulan pustaka program (Library) untuk bahasa pemrograman PHP dan Phyton yang dikembangkan berdasarkan konsep ActiveX Data Object (ADO) milik Microsoft. Dengan adanya library ADODB ini, memungkinkan para pengembang software (programer) menuliskan kode program menjadi lebih konsisten dalam berkomunikasi dengan database. Karena library ADOdb ini telah dilengkapi fitur-fitur yang instan yang dapat digunakan untuk memanipulasi data dalam database. Keuntungan utama yang diperolah dari penggunaan pustaka ADOdb adalah perubahan database pada sisi aplikasi dimungkinkan dengan minimnya perubahan kode program atau perubahan kode program hanya terjadi pada baris kode untuk koneksi ke database saja.

Untuk saat ini library ADOdb telah mensupport beberapa vendor database seperti : MySQL, PostgreSQL, Interbase, Firebird, Informix, Oracle, MS SQL, Foxpro, Access, ADO, Sybase, FrontBase, DB2, SAP DB, SQLite, Netezza, LDAP, and generic ODBC, ODBTP. The Sybase, Informix, FrontBase and PostgreSQL, Netezza, LDAP. ADOdb juga telah mensupport penuh PHP5. Library ADOdb versi terakhir yang dirilis sampai artikel ini ditulis adalah Adodb510.

Dibawah ini saya berikan contoh penggunaan library ADOdb untuk koneksi database :

Pertama, download library ADOdb kemudian ekstrak dalam sebuah folder lalu buatlah file .php dengan nama koneksi.php dan letakkan satu folder dengan folder ADOdb.

Kemudian file koneksi.php tersebut disi dengan kode seperti dibawah ini :

debug = true;   // Koneksi Ke Database $status = $db->Connect(DBHOST,DBUSER,DBPASS,DBNAME);   if ($status ) echo 'Koneksi Sukses'  else echo 'Koneksi Gagal ' . $db->ErrorMsg();  ?>

Beberapa method yang sering digunakan untuk memanipulasi database antara lain :

- Untuk Eksekusi query

$db->Execute("DELETE FROM nama_tabel WHERE id = '$id'");

- Mengambil data dari database yang akan dimasukan dalam sebuah array()

$db->GetAll("SELECT * FROM nama_tabel"); //atau $db->GetRow("SELECT * FROM nama_tabel");

- Mengambil satu buah record dari database, biasanya untuk query dengan klause WHERE dan data yang akan ditampilkan satu record

$db->GetOne("SELECT * FROM nama_tabel WHERE id='$id'");

- Untuk men-debug query ketika data yang dipanggil tidak muncul atau digunakan untuk mengecek kesalahan. Jika diset 1 atau TRUE maka error eksekusi query akan ditampilkan.

$db->debug = 1;

- Mem-parse array (fungsinya sama dengan fungsi print_r() dalam php). Hanya saja untuk adodb_pr() array() akan ditampilkan lebih rapi sehingga mudah untuk dibaca.

adodb_pr($array);

Bagi temen-temen yang mau download adodb. Bisa klik disini atau bisa langsung aja kunjungi website adodb.

Mungkin itu yang bisa saya share kali ini. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Masih newbie..hehhee

Wassalamu’alaikum wr.wb
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 comments to Mengenal Library ADODB PHP :