Rawat Kaus Kesayangan

Buat kebanyakan remaja, kaus merupakan gaya andalan yang paling pas untuk sehari-hari. Berbagai model kaus, body fit, baby tee, hingga long shirt menjadikanmu punya banyak pilihan. Belum lagi, gambar-gambar lucu yang banyak menghiasi bagian depan kaus. Pasti, itu membuatmu makin betah memakainya.

Nah, agar kaus kesayanganmu tetap awet dan terjaga kebersihannya, kamu harus tahu benar cara merawatnya. Mulai cara mencuci hingga cara menjemur. Nggak sembarangan, lho.

Pertama, proses pencucian. Awal pencucian adalah perendaman. Kaus yang masih baru cukup direndam selama 30 menit. Sedangkan yang sudah agak lama mungkin berkisar antara 30 menit hingga satu jam. Tujuannya, menjaga elastisitas kain kaus serta sablon bila kaus itu disertai hiasan sablon.

Waktu perendaman yang terlalu lama dikhawatirkan akan menyebabkan kain melar serta lapisan sablon terkelupas. Saat merendam, pastikan juga semua sudah dipilah sesuai warna. Khususnya, untuk kaus berwarna putih serta yang gampang luntur.

Selain itu, perhatikan jenis kainnya. Kaus berbahan katun sangatlah lembut. Karena itu, jangan sekali-sekali menyikat atau menguceknya keras-keras. Sebab, serat kain bisa rapuh.

Masuk ke tahap penjemuran. Sebaiknya, tidak memerah kaus terlalu kuat untuk menghindari rusaknya struktur kain. Setelah itu, jemur dalam keadaan terbalik. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kontaminasi langsung dengan sinar matahari supaya warnanya tidak cepat memudar.

Jika terbiasa menjemur menggunakan kastok, sampirkan kaus pada bagian sampiran kastok. Sebaiknya, tidak menggantung leher kaus pada leher kastok. Sebab, bobot air yang ditanggung oleh kaus bisa mengakibatkan kerung leher kaus melonggar.

Lalu, jika kausmu terkena noda, segera rendam dengan deterjen pada bagian yang terkena noda. Kucek perlahan hingga noda menghilang. Usahakan hindari pemakaian pemutih pakaian. Sebab, bahan kimianya yang keras dapat merusak serat kain pada kaus.

Last, ada cara terbaik untuk penyetrikaan. Saat menyetrika, atur suhu setrika pada suhu sedang. Pastikan, kaus dalam keadaan kering ketika disetrika. Agar tidak berubah warna, setrika kausmu dalam keadaan terbalik.
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 comments to Rawat Kaus Kesayangan :